Nulis Tanpa Batas

Nulis Tanpa Batas

Pembelajaran dalam Psikologi Pendidikan

Jumat, 31 Maret 2017

Apa itu Pembelajaran?

            Proses belajar atau pembelajaran adalah fokus utama dalam psikologi pendidikan. Ketika seseorang ditanya apa fungsi sekolah itu, mereka biasanya akan menjawab “memebantu murid untuk belajar”. Jadi pembelajaran sendiri dapat didefenisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku,pengetahuan, dan keterampilan berfikir, yang diperoleh melalui pengalaman.
Nah, tidak semua yang kita tahu itu adalah belajar. Kemampuan-kemampuan yang sudak diwarisi sejak lahir itu sendiri bukanlah belajar. Misalnya saja ketika kita menelan makanan,berteriak, atau menutup mata saat silau. Tetapi perilaku kita tidak diwariskan begitu saja. Cakupan pembelajaran itu sangat luas. Pembelelajaran melibatkan perilaku akademik dan non akademik.
Pendekatan Untuk Belajar
            Adapun beberapa pendekatan untuk belajar yang harus kita ketahui yaitu :
1.      Pendekatan Behavioral
Behaviorisme sendiri adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan melalui proses mental. Menurut penganutnya sendiri, perilaku adalah segala jenis yang kita lakukan dan bisa dilihat secara langsung. Proses mental di defenisikan oleh psikolog sebagai pikiran,perasaan, dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat langsung oleh orang lain.
2.      Pendekatan Kognitif
Disini kita ada 4 pendekatan yang akan kita diskusikan, yaitu : kognitif sosial, pemrosesan kognitif sosial, konstruktivis kognitif, dan konstruktivis sosial.
A.    Kognitif Sosial : yang menekankan bagaimana faktor perilaku,lingkungan, dan orang (kognitif) saling berinteraksi mempengaruhi proses pembelajaran.
B.     Pemrosessan Informasi : menitikberatkan bagaimana anak  memproses informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran, dan proses kognitif lainnya.
C.     Konstruktivis Sosial : fokus pada kolaborasi denganorang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.
D.    Konstruktivis Kognitif : menekankan konstruksi kognitif terhadap pengetahuan dan pemahaman.
Pendekatan Behavioral Untuk Pembelajaran
            Pendekatan ini menekankan arti penting dari bagaimana anak membuat hubungan antara pengalaman dan perilaku.
1.      Pengkondisian Klasik
Pengkondisian ini adalah tipe pembelajaran di mana suatu organisme belajar untuk mengkaitkan atau mengasosiasikan stimuli. Dalam pengkondisian klasik, stimulus netral diasosiasikan dengan stimulus yang bermakna dan menimbulkan kapastitas untuk mengeluarkan respon yang sama.

2.      Pengkondisian Operan
Sebentuk pembelajaran di mana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku yang menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi. Arsitek utama dari pengkondisian operan adlah B.F Skinner, yang pandangannya didasarkan pada pandangan E.L Thorndike. Adapun beberapa hal penting dalam pengkondisian Operan , yaitu
1.      Hukum Efek : prinsip bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat , dan perilaku yang diikuti hasil negatif akan diperlemah.
2.      Penguatan (imbalan) : adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa sesuatu perilaku akan terjadi.
3.      Hukuman : konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.
4.      Penguatan positif : penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung.
5.      Penguatan negatif : penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus yang merugikan (tidak menyenangkan)
6.      Generalisasi , diskriminasi, dan pelenyapan : proses ini juga merupakan dimensi penting dari pengkondisian operan. Dalam pengkondisian klasik, generalisasi adalah tendensi dari suatu stimulus yang sama denga conditioned stimulus untuk menghasilkan respon yang sama terhadap conditioned respon. Generalisasi dalam pengkondisian operan berarti memberikan respon yang sama terhadap stimuli yang sama. Yang menarik adalah sejauh mana perilaku digeneralisir dari situasi ke situasi lainnya.
Inilah beberapa hal penting yang perlu kita ketahui dalam Pengokondisian Operan

0 komentar:

Posting Komentar